Apa itu Pembukuan dan Akuntansi?

Pembukuan dan Akuntansi

Apa yang akan Anda pelajari pada tulisan ini:

  • Apa itu pembukuan dan akuntansi?
  • Bagaimana contoh pekerjaan pembukuan dan akuntansi?
  • Perkembangan apa yang terjadi di dunia pembukuan dan akuntansi?

Pembukuan dan akuntansi merupakan dua fungsi penting yang ada pada entitas bisnis.

Menurut Dawn Fotopulos dalam buku Accounting for The Number-phobic, A Survival Guide for Small Business, memahami keuangan bisnis merupakan salah satu faktor kesuksesan bisnis.

Perbedaan Pembukuan dan Akuntansi

Perbedaan Pembukuan dan Akuntansi

Dalam bukunya, ia mengatakan pentingnya memahami keuangan bisnis, yang merupakan produk atau hasil dari pembukuan dan akuntansi: “Jika Anda ingin sukses dalam mengelola bisnis, Anda harus mahir dalam menangani angka-angka tertentu. Sederhananya, Anda harus bisa membaca dan memahami dasbor keuangan Anda.”

Pada tulisan ini, saya akan membahas apa itu pembukuan dan akuntansi, perbedaan antara pembukuan dan akuntansi, contoh pekerjaan yang berkaitan dengan pembukuan dan akuntansi  serta isu-isu terkini apa yang berkaitan dengan pembukuan dan akuntansi dalam dunia bisnis.

“Jika Anda ingin sukses dalam mengelola bisnis, Anda harus mahir dalam menangani angka-angka tertentu. Sederhananya, Anda harus bisa membaca dan memahami dasbor keuangan Anda.”

Apakah Anda siap? Mari kita mulai!

Pengertian Pembukuan dan Akuntansi

Menurut yang saya pahami, pembukuan adalah aktivitas atau kegiatan mencatat transaksi keuangan bisnis. Produk atau hasil dari pembukuan adalah pencatatan seluruh transaksi keuangan yang lengkap.

Sedangkan, akuntansi adalah kegiatan menafsirkan, mengklasifikasikan, menganalisa, melaporkan serta meringkas data keuangan bisnis sesuai dengan ketentuan atau standar akuntansi yang berlaku. Produk dari akuntansi adalah laporan keuangan yang digunakan oleh manajemen untuk pengambilan keputusan.

Baik pembukuan maupun akuntansi, merupakan dua proses yang berada dalam ruang lingkup yang lebih besar, yaitu sistem akuntansi. Dalam sistem akuntansi, proses akuntansi merupakan proses lanjutan dari proses pembukuan.

Bagi orang awam, pembukuan dan akuntansi kelihatannya seperti dua pekerjaan yang sama. Hal tersebut karena akuntansi dan pembukuan berurusan dengan data keuangan, memerlukan pengetahuan akuntansi dasar, dan mengklasifikasikan dan menghasilkan laporan menggunakan transaksi keuangan.

Namun demikian, kedua proses ini ternyata berbeda dan memiliki karakteristiknya masing-masing seperti yang akan saya bahas.

Delapan Perbedaan Pembukuan & Akuntansi

Di bawah ini adalah perbedaan antara pembukuan dan akuntansi, ditinjau dari 8 aspek yaitu: pengertian, pengambilan keputusan, tujuan, penyiapan laporan keuangan, skill yang diperlukan, analisa, tipe atau jenis, serta jenjang karir.

1. Pengertian

Pembukuan adalah kegiatan mencatat dengan lengkap seluruh transaksi keuangan yang terjadi pada suatu bisnis. Sedangkan, akuntansi adalah proses merangkum, menginterpretasi, dan mengkomunikasikannya kepada pihak-pihak yang membutuhkan dalam bentuk laporan keuangan.

2. Pengambilan Keputusan

Data yang disedikan oleh pembukuan tidak langsung dapat dijadikan sebagai bahan dalam pengambilan keputusan. Sebaliknya, data yang disediakan oleh akuntan dalam bentuk laporan keuangan, dapat dijadikan bahan dalam pengambilan keputusan manajemen.

3. Tujuan

Tujuan pembukuan adalah untuk mencatat semua transaksi keuangan dengan lengkap, tepat dan sistematis. Sedangkan tujuan dari akuntansi adalah untuk mengukur dan mengkomunikasikan kondisi keuangan dan mengkomunikasikannya lebih lanjut kepada otoritas yang relevan.

4. Penyiapan Laporan Keuangan

Dalam proses pembukuan, Laporan Keuangan bukan merupakan bagian yang harus disiapkan oleh seorang bookkeeper. Sedangkan, dalam akuntansi, Laporan Keuangan merupakan hasil atau produk yang harus disiapkan pada proses tersebut.

5. Skilll Yang Dibutuhkan

Untuk melakukan pembukuan, seseorang tidak membutuhkan seperangkat skill atau keterampilan khusus, seperti ilmu akuntansi. Untuk itu, pembukuan bisa berasal dari latar belakang pendidikan apa pun.

Sedangkan, akuntansi membutuhkan skill atau keterampilan khusus mengingat sifat akuntansi yang analitis dan kompleks. Seorang yang ditugaskan untuk menangani akuntansi, biasanya merupakan seorang yang punya pengalaman cukup serta memiliki latar belakang pendidikan akuntansi yang memadai.

6. Analisa

Pada proses pembukuan, lebih banyak dibutuhkan keterampilan teknis dan tidak memerlukan analisis sama sekali. Sedangkan pada proses akuntansi, informasi keuangan yang dicatat pada proses pembukuan akan dianalisa dan diinterpretasikan dan disusun menjadi sebuah laporan keuangan.

7. Tipe ata Jenis

Pada dasarnya, ada dua sistem yang digunakan pada pembukuan yaitu single entry dan double entry. Sedangkan, departemen akuntansi menyiapkan budget perusahaan dan rencana proposal pinjaman.

8. Jenjang Karir

Orang yang menangani pembukuan disebut sebagai bookkeeper. Seorang bookkeeper diharuskan akurat dan teliti dalam melakukan pekerjaannya dan memiliki pengetahuan tentang topik keuangan. Seorang bookkeeper biasanya berada di bawah pengawasan seorang akuntan.

Sedangkan, seorang akuntan haruslah seorang yang memiliki pengalaman dan pendidikan yang memadai dalam bidang akuntansi. Di Indonesia, seorang akuntan bisa memperoleh gelar CPA (Certified Public Accountant/ Akuntan Publik Bersertifikat) untuk memberikan jasa audit, atau CA (Chartered Accountant) untuk memberikan jasa akuntansi dan pembukuan.

Berikut ini tabel rangkuman perbedaan pembukuan dan akuntansi.

Parameter Pembukuan Akuntansi
Definisi Kegiatan mencatat dengan lengkap seluruh transaksi keuangan yang terjadi pada suatu usaha. Proses merangkum, menginterpretasi dan mengkomunikasikannya kepada pihak lain.
Pengambilan Keputusan Tidak dapat dijadikan dasar pengambilan keputusan secara langsung. Bisa dijadikan dasar pengambilan keputusan.
Tujuan Mencatat semua transaksi keuangan dengan lengkap, tepat dan sistematis. Mengukur dan mengkomunikasikan kondisi dan kinerja keuangan.
Penyiapan Laporan Keuangan Tidak menyiapkan laporan keuangan. Menyiapkan laporan keuangan.
Skill yang dibutuhkan Keterampilan praktis (data entri), tidak harus memiliki skill akuntansi. Harus memiliki pengetahuan dan keterampilan akuntansi analitis dan kompleks.
Analisa Tidak memerlukan analisa yang mendalam. Membutuhkan analisa yang mendalam.
Tipe atau Jenis Mencatat transaksi dengan sistem double entry Menyiapkan perencanaan, budget hingga proposal pinjaman.
Jenjang Karir Bookkeeper bekerja di bawah pengawasan seorang akuntan. Bisa menjadi menjadi akuntan publik bersertifikast yang bisa melaksanakan audit.

Perbedaan Pekerjaan Pembukuan & Akuntansi

Untuk lebih mudah dalam membedakan antara pembukuan dengan akuntansi, kita bisa membedakannya dari aktivitas atau pekerjaan yang dilakukan dalam pembukuan dan akuntansi.

Berikut ini adalah pekerjaan yang dilakukan pada pembukuan dan akuntansi.

Pekerjaan-Pekerjaan Pembukuan

Pekerjaan pembukuan biasanya merupakan pekerjaan teknis harian yang dilakukan secara berulang-ulang. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan pada proses pembukuan adalah sebagai berikut:

  • Menerbitkan faktur / invoice / tagihan kepada pelanggan
  • Mencatat invoice / tagihan dari supplier
  • Mencatat penerimaan kas dari pelanggan
  • Melakukan pembayaran kepada supplier
  • Mencatat perubahan persediaan
  • Memproses pembayaran gaji
  • Memproses transaksi kas kecil

Pekerjaan-Pekerjaan Akuntansi

Sebaliknya, pekerjaan akuntansi meliputi pekerjaan dengan lingkup yang lebih luas yang fungsinya meliputi memastikan pembukuan mematuhi ketentuan atau standar akuntansi, pengawasan internal, perencanaan pajak, serta berhungan dengan proses audit.

Pekerjaan-pekerjaan yang merupakan proses akuntansi yaitu sebagai berikut:

  • Membuat dafar akun atau chart of account
  • Menyiapkan buku besar umum
  • Mendesain dan membuat laporan keuangan
  • Mengeluarkan laporan manajemen yang disesuaikan untuk mengatasi masalah tertentu
  • Mengubah klasifikasi atau pencatatan transaksi keuangan untuk memenuhi standar akuntansi tertentu
  • Membuat anggaran atau budget dan membandingkannya dengan hasil aktual
  • Mengkompilasi perhitungan dan pengembalian pajak dari informasi keuangan
  • Membuat sistem pengawasan internal
  • Merancang sistem pencatatan, pengarsipan, serta pemusnahan dokumen

Isu Terkini dalam Pembukuan & Akuntansi

Pembukuan dan akuntansi merupakan fungsi yang sudah lama berjalan dalam dunia bisnis. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, pembukuan dan akuntansi mengalami banyak perubahan. Berikut ini adalah perubahan-perubahan yang terjadi dalam bidang pembukuan dan akuntansi.

Peleburan Fungsi Pembukuan dan Akuntansi

Saat ini, batas antara fungsi pembukuan dan akuntansi menjadi semakin memudar. Pada masa-masa awal ditemukannya software akuntansi dan keuangan, pekerjaan-pekerjaan keuangan banyak diabsorbsi atau diserap oleh proses pembukuan.

Sebaliknya, software pembukuan pada masa sekarang, sudah mampu membuat laporan keuangan yang pada awalnya merupakan fungsi akuntansi.

Pekerjaan Pembukuan Mulai Ketinggalan Zaman

Dewasa ini, pekerjaan-pekerjaan yang merupakan proses pembukuan seperti entri data (membuat invoice, mencatat biaya, dll) dan rekonsiliasi bank, mulai dapat dilakukan oleh software pembukuan.

Sebagai contoh, software akuntansi yang berbasis cloud atau online, saat ini sudah dapat dihubungkan secara antara muka dengan software lain seperti ecommerce, internet banking, payroll, hingga perpajakan.

Hal ini menjadikan pekerjaan pembukuan menjadi ketinggalan zaman, dan bukan mungkin akan diambil alih fungsinya oleh software pembukuan dan akuntansi pada tahun mendatang.

Kemajuan Teknologi Internet & Smartphone

Perubahan di bidang teknologi internet dan smartphone telah membawa perubahan besar di semua bidang, tak terkecuali akuntansi. Jika pada masa awal, data yang dicatat dalam software akuntansi hanya bisa diakses secara offline, kini data-data keuangan bisa diakses secara online secara real time dengan menggunakan smartpone.

Perluasan Layanan Pembukuan dan Akuntansi

Dengan ditemukannya berbagai software akuntansi dan keuangan yang semakin maju, layanan-layanan yang berkaitan dengan pembukuan dan akuntansi sekarang ini menjadi semakin beragam seperti penggajian, rekonsiliasi rekening bank dan kartu kredit, dll.

Layanan Pembukuan dan Akuntansi Semakin Efisien

Dengan adanya software pembukuan dan akuntansi yang semakin maju, pekerjaan membuat laporan keuangan menjadi semakin efisien. Hal ini menjadikan fungsi akuntansi bisa lebih banyak porsi pada analisa data keuangan sebagai dasar pengambilan keputusan.

Penutup

Demikianlah apa itu pembukuan dan akuntansi, apa perbedaan antara pembukuan dengan akuntansi, serta isu-isu terkini apa yang sedang berkembang berkaitan dengan pembukuan dan akuntansi dalam dunia bisnis.

Semoga pembahasan ini membantu Anda dalam memahami apa itu pembukuan dan akuntansi sebelum Anda mengaplikasikannya pada bisnis Anda.

Artikel Terkait

Comments

  1. Mantap mas Untung

    Tulisan ini sungguh mencerahkan…

    Awalnya saya mikir, akutansi ya udah = pembukuan. Ternyata saya salah

    • Hi Mas Taufik,

      Terima kasih sudah berkunjung.

      Ya Mas, di Indonesia, istilah “pembukuan” tidak begitu populer, jadi sering diganti dengan “akuntansi”.

      Padahal kalau di luar negeri, bookkeeping dibedakan dengan jelas dengan accounting.

      Sehingga banyak yang mengira, pembukuan ya akuntansi.

      Anyway, semoga sukses untuk blog Mas Taufik.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *