9 Alasan Mengapa Anda Harus Melakukan Pembukuan Usaha

Manfaat Pembukuan Usaha

Pada tulisan ini, Anda akan mempelajari manfaat apa saja yang didapatkan dari melakukan pembukuan usaha pada bisnis Anda.

Setiap orang yang menjalankan bisnis, pasti mendambakan sukses finansial pada bisnisnya. Berdasarkan survey yang saya lakukan kepada para pebisnis UMKM, kesuksesan finansial masih menjadi goal atau tujuan utama mereka yang menjalankan bisnis.

Manfaat Pembukuan Usaha

Manfaat Pembukuan Usaha

Pada survey tersebut, saya membuat pertanyaan: “Apa Goal atau Tujuan Bisnis Anda Saat Ini?”. Jawaban yang saya dapat dari responden melalui survey menggunakan Google form adalah seperti tampak pada tabel di bawah ini:

  1. Menjadi kaya
  2. Menjadi penyedia training skala nasional
  3. Memberdayakan teman kuliah
  4. Bermanfaat untuk orang lain
  5. Memiliki 15 outlet bisnis
  6. Mendapatkan Keuntungan
  7. Membawa manfaat untuk banyak orang
  8. Stabilkan omzet bisnis agar bisa jadi full-time pebisnis
  9. Mengembangkan aset
  10. Memiliki cash sebesar 5 milyar pada akhir 2018
  11. Keuntungan yang berkah

Tapi, tahukah Anda, berdasarkan data statitsik, lebih dari 90% bisnis baru mengalami kegagalan alias gulung tikar pada 4 tahun pertama.

Menurut Michael E. Gerber dalam bukunya “The E-Myth Revisited: Why Most Small Businesses Don’t Work and What to Do About It”, 80% dari bisnis baru mengalami kegagalan pada tahun pertama.

Dari 20% yang masih bertahan, 80%-nya mengalami kegagalan pada tahun kedua sampai keempat. Sehingga, jumlah bisnis yang mampu menginjak usia 5 tahun adalah sebesar 4% (80% dari 20%).

Salah satu faktor utama penyebab bisnis tidak sampai berusia 5 tahun adalah kesalahan pengelolaan atau mismanagement, terutama dalam mengelola keuangan. Untuk itu, penting bagi pebisnis untuk bisa mengelola keuangan usahanya dengan baik dan cermat dengan cara melakukan pembukuan.

Salah satu faktor utama penyebab bisnis tidak sampai berusia 5 tahun adalah kesalahan pengelolaan atau mismanagement, terutama dalam mengelola keuangan.

Pada tulisan ini, saya akan membahas alasan-alasan mengapa Anda harus melakukan pembukuan usaha yang baik dan benar pada bisnis Anda.

9 Alasan Pentingnya Melakukan Pembukuan Usaha

Di bawah ini adalah 8 alasan mengapa seorang pebisnis harus melakukan pembukuan usaha pada bisnis yang dijalankan

1. Sebagai Dasar untuk Membuat Laporan Keuangan

Pembukuan adalah proses mencatat seluruh transaksi keuangan dengan lengkap, tepat dan sistematis. Hasil dari pembukuan ini adalah data keuangan yang lengkap yang akan diproses lebih lanjut menjadi laporan keuangan pada proses akuntansi.

Selanjutnya, laporan keuangan yang sudah dibuat akan digunakan oleh manajemen untuk membuat keputusan bisnis yang strategis.

2. Membantu Menganalisa serta Mengelola Keuangan

Pada proses pembukuan, data transaksi keuangan dicatat dengan sistematis sesuai dengan kategorinya masing-masing berdasarkan urutan waktu terjadinya transaksi. Jika diibaratkan, data-data transaksi keuangan ini seperti katalog buku pada sebuah perpustakaan.

Dengan adanya pembukuan ini, pebisnis bisa menganalisa sebuah transaksi tertentu, mengecek kebenaran transaksi, serta menelusuri kembali histori transaksi yang terjadi pada masa lalu.

3. Mencegah Terjadinya Dua Kali Pembayaran untuk Invoice atau Tagihan Yang Sama

Selain itu, dengan adanya pembukuan ini, pebisnis bisa menghindari adanya dua kali pembayaran yang bisa menyebabkan kebocoran atau kerugian. Misalnya, seorang pebisnis telah melakukan pembayaran atas invoice atau tagihan tertentu kepada supplier.

Beberapa waktu kemudian, supplier tersebut nakal dengan membuat invoice yang sama. Jika tidak melakukan pembukuan, pebisnis bisa membayar invoice tersebut yang sebetulnya sudah dibayar.

4. Membantu dalam Membuat Perencanaan Strategis

Pada bisnis yang sudah berjalan, manajemen memerlukan untuk membuat perencanaan strategis untuk pengembangan bisnisnya. Selanjutnya, rencana strategis tersebut akan diturunkan menjadi rencana dalam satuan keuangan yang disebut dengan anggaran atau budget.

Dengan adanya data-data keuangan yang disiapkan oleh proses pembukuan, dapat membantu manajemen untuk membuat anggaran atau budget.

5. Mengelola Utang dan Mengatur Pembayaran kepada Supplier

Pada proses pembukuan, semua data pembelian kepada supplier dicatat dengan lengkap meliputi data diri supplier, tanggal pembelian, jumlah barang yang dibeli, serta term of payment atau kapan jatuh tempo pembayarannya.

Data pembukuan pembelian kepada supplier ini sangat berguna untuk mengelola utang serta mengatur jadwal pembayaran kepada supplier agar tepat waktu. Melakukan pembayaran tepat waktu kepada supplier akan meningkatkan kepercayaan supplier untuk mensuplay barang atau material yang dibutuhkan operasional bisnis Anda.

Selain itu, dengan melakukan pembukuan pembelian ini juga dapat mencegah terjadinya dua kali pembayaran atas tagihan yang sama seperti saya sebutkan pada point ketiga.

6. Mengelola Piutang dan Membuat Jadwal Penagihan kepada Customer

Seperti pada point ke-5, pada proses pembukuan, semua data penjualan kepada customer dicatat dengan lengkap meliputi data diri customer, jenis dan kuantitas barang yang dijual, serta term of payment atau kapan jatuh tempo pembayaran dari customer.

Dengan adanya pembukuan penjualan ini, pebisnis bisa membuat jadwal penagihan kepada customer untuk menjaga agar customer melakukan pembayaran tepat waktu. Pembayaran yang lancer dari customer sangat berperan penting bagi kelangsungan bisnis Anda kedepan.

7. Memudahkan Perhitungan dan Perencanaan Pajak

Dengan melakukan pembukuan, pebisnis bisa melakukan perhitungan pajak yang serta bisa perencanaan pajak. Dengan melakukan perencanaan pajak yang baik, pebisnis bisa memastikan bisnisnya terhindar dari masalah pajak, sekaligus terhindar dari kerugian karena kelalaian pajak, seperti sanksi atau denda karena telat melakukan pelaporan atau pembayaran pajak.

Dalam Undang-Undang Perpajakan di Indonesia, bisnis yang menjalankan pembukuan, berpotensi membayar pajak lebih rendah dibandingkan dengan bisnis yang tidak melakukan pembukuan. Bisnis yang menjalankan pembukuan atas usahanya, akan dikenakan pajak penghasilan berdasarkan kondisinya (laba/rugi).

Sedangkan, jika tidak melakukan pembukuan, bisnis tetap dikenakan pajak penghasilan bukan berdasarkan laba/rugi, tetapi berdasarkan omzet.

Jika mengalami keuntungan, bisnis akan membayar pajak sesuai dengan tarif yang berlaku, sedangkan jika mengalami kerugian, tidak akan membayar pajak, bahkan bisa dikompensasi pada perhitungan pajak tahun berikutnya.

Sedangkan, jika tidak melakukan pembukuan, bisnis tersebut akan dikenakan pajak berdasarkan norma pencatatan yang dihitung berdasarkan omzet bisnis, tanpa mempedulikan bisnis itu untung atau rugi. Pembahasan lebih lanjut mengenai hal ini, akan dibahas pada pembahasan pajak bisnis UKM.

Selain itu, dengan melakukan pembukuan usaha yang baik dan benar, akan memudahkan pebisnis pada saat dilakukan pemeriksaan pajak.

8. Membantu Memudahkan Proses Audit

Dalam hal bisnis Anda semakin berkembang, bisnis Anda pasti akan dilakukan audit. Dengan melakukan pembukuan bisnis sejak awal, akan memudahkan proses audit, sebagaimana proses pemeriksaan pajak.

9. Mencegah Kecurangan Yang Dilakukan Oleh Pihak Internal

Salah satu tantangan dalam menjalankan bisnis adalah adanya kecurangan dari pihak internal bisnis, yaitu karyawan. Kecurangan-kecurang bisnis yang sering dilakukan oleh karyawan antara lain:

  • Karyawan melakuakan penggelapan uang atau pencurian uang kas
  • Karyawan melakukan pencurian aset perusahaan
  • Karyawan melakukan pencurian persediaan barang dagangan perusahaan
  • Dll

Dengan melakukan pembukuan usaha, kecurangan-kecurang seperti di atas bisa dicegah dan dihindari.

Penutup

Pembukuan transaksi keuangan bisnis merupakan suatu hal yang mutlak dilakukan jika kita ingin sukses dalam menjalankan bisnis. Selain dapat menghindarkan pebisnis dari kebocoran keuangan hingga kebangkrutan, pembukuan memiliki beberapa manfaat spesifik yaitu sebagai dasar dalam pembuatan laporan keuangan, membantu mengelola keuangan, membantu membuat rencana strategis, membantu perhitungan dan perencanaan pajak, serta mencegah kecurangan baik yang dilakukan oleh pihak eksternal maupun internal. Semoga setelah membaca tulisan ini, bisa memotivasi pebisnis untuk melakukan pembukuan pada usahanya.

Artikel Terkait

Comments

  1. Saya baru tahu Michael E. Gerber . Btw, selamat atas rilis blog barunya Mas Untung. Semoga berkembang ke tahap selanjutnya hingga menghasilkan massive income.

    • Aamiin. Terima kasih Kang Herman, atas doanya.

      Terima kasih juga atas bimbingan dari Kang Herman.

      Ebook dari Mas Herman benar-benar mengubah perspektif saya tentang ngeblog.

      Dari yang tadinya ngeblog hanya asal nulis, jadi punya arah & tujuan yang jelas.

      Tidak sabar menunggu materi-materi berikutnya.

      Salam

  2. Saiful says:

    Selamat atas rilis blog baru nya mas.
    Semoga sukses

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *