Tentang

Selamat datang di Akuntansi UKM Dot Com!

Jika Anda adalah seorang pebisnis UKM yang merasa bingung dalam melakukan pencatatan transaksi keuangan dan membuat laporan keuangan usaha, saya ucapkan selamat karena Anda berada di tempat yang tepat.

Di blog ini, saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana melakukan pembukuan dan membuat laporan keuangan untuk UKM.

Sehingga, pebisnis UKM bisa melakukan pembukuan dan membuat laporan keuangan sendiri untuk bisnis Anda, tanpa harus merekrut seorang akuntan.

Semua panduan cara melakukan pembukuan dan membuat laporan keuangan UKM ini berasal dari pengalaman saya sebagai seorang akuntan lebih dari 5 tahun di beberapa perusahaan di berbagai bidang seperti makanan dan minuman, tekstil, dan pendidikan.

Bagian terbaiknya? Anda bisa menerapkannya pada bisnis Anda baik itu bisnis perdagangan, jasa, hingga manufaktur.

Siapa Saya?

Nama saya Untung Kasirin. Saya lahir di Brebes, Jawa Tengah.

Saat ini, saya bekerja sebagai seorang akuntan di salah satu perusahaan swasta di Bogor, Jawa Barat.

Di samping bekerja sebagai seorang akuntan, saya menjalani profesi sampingan sebagai seorang blogger sejak 2015 silam.

Latar Belakang Pendidikan

Lahir dan besar di sebuah keluarga yang sangat sederhana, saya bersyukur bisa menempuh pendidikan pendidikan hingga perguruan tinggi. Pada tahun 2010, saya berhasil lulus dari Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI (STEI SEBI) program studi Akuntansi Syariah sebagai lulusan terbaik sekaligus lulusan tercepat.

Meski demikian, untuk memperolehnya dibutuhkan perjuangan yang tidak mudah serta waktu yang tidak sebentar. Berbeda dengan Anda yang lulus tepat waktu, untuk (hanya) mendapat gelar S1, saya harus kuliah selama 5.5 tahun atau 11 semester di 3 kampus dan 3 jurusan yang berbeda!

Lulus dari SMA, saya melanjutkan kuliah di Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Gajah Tunggal, sebuah perguruan tinggi ikatan dinas di Tangerang. Diterima kuliah di kampus yang memberikan beasiswa penuh, uang saku bulanan dan mendapat jaminan bekerja setelah lulus kuliah merupakan cita-cita saya sejak kelas 2 SMA.

Namun sayangnya, jalan hidup tidak selamanya berjalan mulus. Pada tahun kedua di Politeknik Gajah Tunggal, saya dikeluarkan (drop out) dari kampus karena berselisih paham dengan pimpinan kampus, hanya beberapa hari setelah mengikuti Kontes Robot Indonesia di Universitas Indonesia pada Juni 2006. Peristiwa ini berujung pada diberhentikannya mahasiswa secara massal, sebanyak 137 mahasiswa dari tiga angkatan.

Setelah tidak lagi berstatus sebagai mahasiswa, saya sempat menjadi pengangguran selama beberapa bulan. Kegiatan saya pada saat itu adalah mencari beasiswa, melamar pekerjaan sampingan, hingga mendatangi kedutaan besar negara lain untuk sekadar mencari informasi beasiswa.

Setelah hampir merasa putus asa, saya mendapat informasi adanya beasiswa di kampus Sekolah Tinggi Manajemen Zakat di Ciputat. Alhamdulillah, setelah mengikuti serangkaian test, saya diterima kuliah di kampus tersebut dengan mengambil program studi Manajemen Zakat.

Lagi-lagi, keberuntungan seperti tidak memihak ke saya pada saat itu. Pada tahun kedua, kampus tempat saya kuliah kekurangan jumlah mahasiswa sehingga tidak bisa melanjutkan kegiatan belajar mengajar. Jadilah kami dititipkan di kampus Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI (STEI SEBI) dengan jurusan yang berbeda, yaitu Akuntansi Syariah.

Syukur Alhamdulillah, nilai saya di kampus sebelumnya diakui di kampus baru sehingga tidak harus mengulang lagi dari awal. Akhirnya, setelah menjalani 3 semester atau pada semester ke-7, saya berhasil meraih gelar Sarjana Ekonomi Islam sebagai lulusan tercepat sekaligus lulus terbaik.

Di kampus STEI SEBI inilah, saya mulai menyukai akuntansi dan keuangan hingga menjalani karir sebagai akuntan sampai dengan sekarang.

Jika saya rangkum, perjalanan saya kuliah untuk meraih gelar S1 adalah sebagai berikut 😂😂😂:

  • 2 tahun di Politeknik Gajah Tunggal, jurusan Teknik Elektro
  • 2 tahun di Sekolah Tinggi Manajemen Zakat, jurusan Manajemen Zakat
  • 1.5 tahun di Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI, jurusan Akuntansi Syariah

Skill yang Saya Kuasai

Dengan memiliki latar belakang pendidikan akuntansi dan bekerja sebagai akuntan lebih dari 5 tahun, saya memiliki pengetahuan dan pemahaman yang baik di bidang akuntansi, khususnya cost accounting (akuntansi biaya) dan general accounting.

Selain keterampilan di bidang akuntansi, saya juga memiliki keterampilan menggunakan beberapa software akuntansi atau yang berkaitan dengan akuntansi, antara lain:

  • Accurate
  • Jurnal
  • Excel (keterampilan di bidang Excel saya, saya bagikan dalam bentuk blog Jago Excel Dot Com)
  • SAP
  • Sleekr Accounting
  • Wave Accounting
  • Dll

Mengapa Membuat Blog Ini?

Sebelum memulai blog ini, saya mulai menekuni dunia blogging sejak 2015. Blog pertama yang saya buat adalah Jago Excel Dot Com yang membahas topik seputar Excel. Pada tahun 2016, saya membuat blog kedua yaitu Akuntansi Keuangan Dot Com yang membahas topik atau niche Akuntansi.

Sebagai informasi, jumlah pengujung harian blog Jago Excel saat mencapai 1.500 – 2.500 kunjungan dengan follower Facebook page mencapai 101.750. Sedangkan, jumlah pengunjung blog Akuntansi Keuangan mencapai 2.000 – 3.500 kunjungan dengan follower Facebook mencapai 2.020 like.

Setelah itu, saya banyak membuat blog-blog baru dengan topik yang beragam yang bukan merupakan topik yang dikuasai, yang pada akhirnya kandas di tengah jalan. Dari puluhan blog yang saya buat, hanya dua blog di atas yang masih bertahan dan menghasilkan uang sampai sekarang.

Pada Agustus 2018, setelah membaca tulisan Kang Herman Yudiono tentang authority blog atau blog otoritas, saya tertarik untuk membuat blog otoritas saya sendiri. Alhamdulillah, saya juga diberi kesempatan menimba ilmu secara langsung dari Kang Herman Yudiono, dengan menjadi Product Tester untuk Produk dan Jasa yang akan dirilis oleh Mas Herman di HermanYudiono.com.

Berbeda dengan blog-blog sebelumnya yang tanpa perencanaan yang baik, hanya mengejar traffic dan juga uang, blog Akuntansi UKM ini akan membahas hal-hal penting saja yang berkaitan dengan akuntansi UKM.

Bagaimana Cara Menghubungi Saya?

Untuk menghubungi saya, silahkan meninggalkan pesan pada halaman Kontak. Atau, jika Anda ingin menjalin pertemanan dengan saya di media sosial, silahkan tambahkan akun media sosial saya di bawah ini pada pertemanan Anda:

Oh ya, saya juga mengelola Channel Telegram yang khusus membahas Pembukuan dan Akuntansi UKM. Anda bisa mengikuti channel tersebut pada tautan berikut:

Official Channel Akuntansi UKM

Akhir kata, selamat membaca dan semoga bermanfaat.